Syarat Penerima Vaksin dalam Program Vaksinasi Menurut SehatQ.com

  • Whatsapp
Vaksin

Program vaksinasi di Indonesia sudah berjalan sejak januari 2021 lalu. Program ini memiliki proses vaksinasi perdana dan seterusnya akan di jalankan sesuai dengan syarat dan ketentuan medis serta standar badan kesehatan dunia /WHO. Berikut syarat vaksin covid 19 yang bisa diterima oleh orang-orang dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Tidak Terdapat Riwayat Penyakit

Syarat untuk mereka yang tidak mendapatkan vaksin dari program vaksinasi adalah tidak memiliki riwayat penyakit, adapun penyakit yang dimaksud dalam hal ini meliputi:

  • Pernah Terjangkit Covid-19
  • Memiliki riwayat penyakit ISPA
  • Memiliki riwayat penyakit kelainan darah atau sedang menjalani terapi aktif baik jangka panjang maupun jangka pendek
  • Memiliki riwayat penyakit jantung koroner dan gagal jantung
  • Terdapat penyakit autoimun seismatik yakni SLE, Sjogren, autoimun, vaskulitis
  • Penyakit ginjal kronis
  • Orang yang sedang menjalani pengobatan hemodialysis, transplantasi ginjal, dialysis peritoneal, sindrroma nefrotik
  • Orang yang memiliki riwayat penyakit atau sedang menderita penyakit reumatik autoimun atau juga rheumatoid arthritis
  • Riwayat penyakit saluran pencernaan kronis
  • Adanya penyakit hipertiroid yang di sebabkan autoimun
  • Penyakit kanker
  • Adanya kelainan darah
  • Penyakit imunokompromais atau defisiensi imun
  • Penerima transfuse darah
  1. Program vaksinasi ini tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil atau juga ibu yang sedang menyusui.
  2. orang yang tidak memiliki kontak erat dengan pasien covid-19

calon penerima vaksin covid 19 haruslah tidak memiliki kontak erat dengan pasien covid-19 yang bisa termasuk dalam kategori suspek, konfirmasi, atau merak yang sedang perawatan karena penyakit Covid-19.

  1. Suhu tubuh calon penerima vaksin harus dibawah 37.5 derajat celcius

Jika kamu memiliki suhu tubuh yang lebih dari 37.5 derajat celcius pada saat pemeriksaan tahap awal sebelm dilangsungkannya. Suntikan vaksin. Maka proses vaksinasi akan ditunda sampai pasien yang memiliki suhu tubuh yang lebih dari 37,5 derajat celcius itu sembuh.

Bukan hanya itu, jangka waktu penundaan juga akan ditunggu sampai pasien tersebut memiliki hasil negative dan dilakukan skrining ulang pada kunjungan berikutnya untuk dilangsungkan proses vaksinasi.

  1. Takanan darah harus 140/90

Apabila pada saat proses skrining pasien yang akan divaksinasi memiliki tekanan darah lebih dari 140/90 maka suntikan vaksin tidak akan diberikan.

  1. Penderita Diabetes Mellitus kurang daro 7,5%

Untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus tipe 2 atau masih bisa terkontrol dan HbAiC di bawah 58 mmol/mol atau masih sekitar 7,5% maka masih bisa diberikan vaksinasi.

  1. Tidak di rekomendasikan untuk penderita HIV

Bagi mereka yang menderita penyakit HIV bila angkanya adalah CD4 di bawah 200 atau tidak bisa di ketahui, maka program vaksinasi covid 19 tidak boleh diberikan.

  1. Masalah Paru/Penyakit Paru

Untuk mereka yang memiliki penyakit paru seperti PPOK, asma, atau TBS maka program vaksinasi pada golongan pasien seperti ini ditunda sampa pasien tersebut benar-benar terkontrol dengan baik.

  1. Penyakit lain bukan Skrining

Untuk syarat yang diberikan pada pasien penerima vaksinasi covid 19 yang memiliki penyakit lain yang tidak disebutkan dalam format skrining di atas bisa melakukan s=konsultasi dengan dokter ahli yang merawat atau bisa menanyakannya di layanan SehatQ.com yang juga memiliki banyak dokter terbaik yang bisa membantu masalah kesehatan.

Pada saat proses pemberian suntikan vaksinasi diharapkan selalu mematuhi protokol kesehatan demi melindungi diri sendiri maupun pihak tenaga medis yang memberikan layanan vaksinasi tersebut, cek juga layanan pemberian vaksinasi mandiri di www.sehatq.com.

Related posts