Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun untuk Pakaian

  • Whatsapp
Bahan Katun

Saat hendak membeli pakaian baru, apa sih yang akan Anda pertimbangkan? Salah satunya tentu bahan dan kenyamanan pakain tersebut. Nah, di sini bahan katun sangat berpeluang besar untuk memenuhi ekspektasi Anda terkait pakaian yang nyaman.

Karenaitu, tak mengherankan jika bahan katun menduduki puncak tertinggi sebagai bahan pakaian yang paling banyak digunakan, terutama di konveksi besar layaknya konveksi Bandung.

Namun layaknya bahan pakaian lain, kain katun juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan bahan katun untuk pakaian?

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun untuk Pakaian

Nah, berikut kelebihan dan kekurangan bahan katun untuk pakaian.

Kelebihan Bahan Katun untuk Pakaian

  • Nyaman untuk dipakai

Kenyamanan saat mengenakan pakaian dengan bahan katun memang tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dikarenakan karakteristik yang dimiliki bahan ini yang lembut, sehingga Anda tidak usah risau jika kulit Anda akan merasa tidak nyaman.

  • Mampu menyerap keringat

Selain bisa menyerap keringat, bahan katun juga nyatanya mampu menyerap air. Karena kemampuan ini, pakaian dengan bahan katun jadi tidak mudah apek meskipun digunakan dalam keadaan berkeringat.

  • Memiliki daya tahan yang kuat

Dibandingkan dengan material lain, bahan katun termasuk salah satu jenis yang paling kuat. Karakteristik ini membuat bahan katun sering digunakan untuk pakaian dinas ataupun baju sehari-hari.

  • Tidak menyebabkan gatal gatal atau alergi

Karena memiliki permukaan yang halus, pakaian berbahan katun tidak akan membuat kulit tubuh Anda gatal gatal ataupun alergi. Sehingga tidak heran jika katun juga sering digunakan untuk pakaian bayi.

  • Adem ketika dipakai

Selain memiliki permukaan yang lembut, pakaian dengan bahan ini juga memiliki karakteristik sejuk ketika dipakai. Sehingga pakaian dengan bahan katun bisa dijadikan pakaian di segala musim

Kekurangan Bahan Katun Untuk Pakaian

  • Mudah kusut

Ketika pakaian dengan bahan katun terlipat maka akan meninggalkan kusutan dan bekas yang agak mengganggu. Untuk mengatasi ini, Anda harus rutin menyetrika pakaian agar terlihat rapi dan bagus.

  • Mudah luntur

Ketika Anda tidak merawatnya dengan baik, pakaian berbahan katun cenderung mudah luntur. Terutama jika pakaian tersebut memiliki warna yang tajam. Hanya beberapa kali cuci saja, perubahan warna bisa sangat terlihat.

  • Terkadang menerawang

Untuk jenis katun kurang bagus, bahan ini akan menerawang. Tentunya ini akan sangat mengganggu, karena Anda harus menggunakan dalaman atau menambahkan furing pada pakaian.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan bahan katun untuk pakaian, Anda bisa lebih selektif dalam memilih outfit untuk sehari-hari.

Related posts