Inilah Tempat Rehablitasi Narkoba di Bogor

  • Whatsapp

Tempat rehabilitasi narkoba di Bogor saat ini tersedia di beberapa titik. Hal tersebut menjadi bagian pemerintah guna memberikan dan memudahkan akses layanan Rehabiltasi. Dengan begitu, bagi warga sekitar yang ingin mendapatkan layanannya tak perlu pergi ke luar kota.

Beberapa Tempat Rehablitasi Narkoba di Bogor

Hingga kita tercatat ada beberapa tempat atau panti rehabilitasi narkoba di Bogor. Ketersediaan panti tersebut menjadi bukti bahwa pemerintah sangat serius dalam menekan angka ketergantungan terhadap penggunaan narkoba. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Panti Rehabiltasi Narkoba di Kota Bogor, Jawa Barat

Hingga saat ini tercatat adalah lebih dari 10 yayasan atau panti rehabilitasi narkoba yang terletak di kota Bogor. Masing-masingnya tentu berada di setiap daerah dan mudah diakses oleh siapapun. Dengan begitu, Anda tidak perlu ke luar kota untuk mendapatkan layanannya.

Bogor sendiri merupakan salah satu kota besar yang berada di Jawa barat. Keberadaan panti Rehabiltasi narkoba tersebut merujuk pada harapan menurunnya angka penggunaan narkoba. Selain melakukan pemberantasan juga membantu memulihkan para pecandu (pengguna).

  1. Cara Mendaftar Rehabiltasi di Bogor

Perihal cara mendaftarnya bisa dikatakan tidak begitu berbeda dengan lainnya. Namun ada beberapa hal yang harus Anda penuhi terutama mengenai syarat dan ketentuan. Selain itu, jika yayasan berbasis pemerintah maka dapat melalui beberapa tahapan mudah lainnya.

Anda dapat melakukan pengajuan dengan menyertakan surat permohonan rehabilitasi narkoba. Jika yayasan berbasis pemerintah (bukan swasta) atau diawasi oleh BNN maka bisa melalui metode online. Nantinya akan dirujuk ke panti Rehabiltasi terdekat dari domisili.

Mengenali Gejala Atau Ciri Pecandu Narkoba Berdasarkan Jenisnya

Terlepas dari pembahasan tempat Rehabiltasi narkoba di Bogor, Anda juga perlu memahami gejala atau ciri para pecandunya. Hal ini bertujuan guna mewaspadai apakah terdapat keluarga serta sanak saudara yang telah mengonsumsi narkoba. Berikut beberapa cirinya.

  1. Obat Stimulan

Jenis narkoba pertama yang juga sering digunakan oleh para pecandu yaitu disebut Obat stimulan. Ada beberapa kategori lainnya yang mungkin sidah tidak asing ditelinga terutama bagi para penggunanya. Pecandu jenis ini memiliki ciri atau gejala yang dapat dikenali.

Obat stimulan biasanya tergolong dari beberapa jenis narkoba yaitu ekstasi, kokain hingga amfetamin. Gejala atau ciri yang ditimbulkan merujuk pada perilaku penggunanya. Seperti tidak bisa diam, detak jantung meningkat, sering lapar hingga mudah lupa dan sulit tidur.

  1. Obat Depresan

Selain stimulan, jenis lainnya yang sering dikonsumsi oleh para pecandu narkoba dikategorikan sebagai obat Depresan. Hal ini pun merujuk pada gejala yang ditimbulkan oleh penggunanya. Terlebih jika sudah berada dalam fase penggunaan jangka panjang.

Obat Depresan diantaranya adalah heroin, ganja hingga obat penenang jenis lainnya. Gejala yang ditimbulkan hampir berbeda seperti jenis sebelumnya. Cirinya adalah tekanan darah menurun, nafas melambat, proses berpikir jadi lama Hingga detak jantung melemah.

  1. Obat Halusinogen

Beranjak pada kategori narkoba lainnya yaitu obat halusinogen. Jenis ini terdapat beberapa macam narkoba bahkan sering ditemui. Hasilnya pun memberikan dampak yang sedikit berbeda dari jenis lainnya baik obat depresan atau stimulan.

Para pecandu narkoba berjenis obat halusinogen biasanya mengonsumsi ganja, magic mushroom, ketamine, ekstasi hingga LSD. Dampak yang ditimbulkan lebih merujuk kepada perilaku. Pengguna cenderung akan berhalusinasi serta menimbulkan efek mual dan muntah.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa tempat Rehablitasi narkoba di Bogor serta cara mengenali gejala atau ciri pecandu narkotika. Dengan adanya layanan tersebut, harapannya adalah menurunnya angka pengguna narkoba. Jadi, dampak buruknya pun akan berkurang.

Related posts