Gejala Umum Maag Kambuh yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Gejala Umum Maag Kambuh yang Wajib Diketahui

Biasanya sakit maag atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah dyspepsia merupakan salah satu jenis gejala penyakit yang biasanya disertai dengan beberapa rasa nyeri dan juga panas pada bagian lambung yang disebabkan oleh berbagai macam keadaan. Salah satu penyebabnya biasanya adalah adanya luka terbuka yang ada pada lapisan yang ada pada lambung atau tukak lambung. Selain itu, biasanya juga bisa disebabkan karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori dan bisa juga disebabkan karena adanya efek samping penggunaan obat dan stress juga bisa memicu timbulnya penyakit maag. Dan perlu diketahui jika ternyata ada beberapa gejala maag yang sangat penting untuk diperhatikan.

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit maag, mungkin penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit yang sudah biasa dan dianggap umum oleh penduduk Indonesia. Dari penelitian kesehatan yang sudah dilakukan oleh beberapa balai kesehatan menyebutkan jika ternyata penyakit maag tersebut tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Karena jika sudah buruk keadaannya bisa terjadi dan menyebabkan timbulnya penyakit lain yang lebih buruk yakni liver yang sangat berbahaya sekali untuk kesehatan dan bisa mengancam keselamatan nyawa.

Biasanya untuk penyebab maag yang sering sekali adalah karena berbagai macam faktor mulai dari konsumsi obat-obatan seperti yang disebutkan di atas, bisa juga disebakan karena pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat serta bisa juga karena timbul dari efek penyakit lain yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, jika tidak ditangani secara tepat dan serius maka akan muncul peradangan pada lambung dan kondisi lambung semakin buruk. Untuk itu, berikut ini beberapa gejala-gejala maag yang wajib diketahui dan cara untuk mengatasinya:

  • Biasanya akan muncul rasa yang tidak nyaman dan nyeri pada perut di bagian atas atau sekitar ulu hati.
  • Timbulnya rasa panas dan sensasi terbakar yang ada pada dada.
  • Perut menjadi kembung.
  • Bersendawa secara terus-menerus.
  • Biasanya akan mudah kenyang saat makan.

Di atas adalah beberapa contoh gejala-gejala maag yang bisa menjadi perhatian bagi Anda. Apabila Anda sering mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas tadi, maka ada kemungkinan besar Anda mengalami penyakit maag. Dan jika kondisinya sudah semakin buruk maka Anda harus segera periksakan diri ke dokter dan jangan pernah anggap sepele suatu penyakit. Untuk cara mengatasi penyakit maag sebenarnya tidak terlalu rumit karena Anda bisa hindari beberapa hal seperti hindari konsumsi makanan berlemak, bersantan dan minuman beralkohol. Selain itu Anda juga bisa hindari beberapa jenis makanan asam dan pedas karena dipercaya sebagai salah satu jenis pemicu yang cukup kuat untuk penyakit maag.

Apabila Anda sudah didiagnosis oleh dokter menderita maag dan Anda sudah tahu apa saja indikasi gejala maag, maka dari itu, usahakan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh karena penyakit ini bisa kapan saja kambuh dan dimana saja. dan yang paling buruk serta bisa terjadi adalah jika sampai maag yang Anda derita sudah sampai pada tingkatan yang cukup parah maka lambung Anda akan terus-menerus memburuk lapisannya. Dan hal ini tentunya pasti juga akan sangat berbahaya sekali pada kesehatan diri Anda. untuk itu, mulai sekarang lakukan dan upayakan untuk menerapkan pola hidup sehat pada diri Anda. Dimulai dari jaga pola makan dan tidur yang cukup serta hindari stress.

Referensi:

Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis

Halodoc. Diakses pada 2021. Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Promag. Diakses pada 2021. Gejala Sakit Maag Yang Harus Dikenali

Medical News Today. Diakses pada 2020. What are gastric and duodenal ulcers?

Related posts