Bukan Sekadar Penghias Makanan, Inilah 4 Manfaat Tomat

  • Whatsapp
Tomat

Pada umumnya, kita menggunakan tomat sebagai salah satu penghias makanan. Namun, tomat memiliki manfaat lebih dari sekadar penghias makanan, melainkan juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kita. Soalnya, tomat memiliki kandungan vitamin serta nutrisi yang melimpah. Akan tetapi, hingga saat ini, masih banyak orang yang menganggap tomat sebagai salah satu jenis sayuran. Padahal kenyataannya, tomat merupakan buah yang mengandung biji karena berasal dari bunga.  Oleh karena itu, kita pun perlu mengubah mindset yang menganggap bahwa tomat merupakan sayuran karena tomat merupakan buah-buahan. Sementara itu, kita pun perlu memperhatikan kandungan yang ada pada tomat. Bisa dibilang, tomat merupakan salah satu jenis buah yang populer karena kita bisa menemukannya pada berbagai jenis makanan, misalnya saja seperti pizza, sandwich, maupun salad. Bahkan, banyak juga loh yang menjadikan tomat sebagai sambal. Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi tomat? Simak penjelasannya pada 4 manfaat tomat untuk kesehatan berikut ini.

1. Menghindari risiko terkena kanker

Tomat merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang kaya. Melalui adanya kedua komponen ini, tomat dapat menjadi buah yang dapat kita andalkan untuk menangkal radikal bebas pada tubuh yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Bahkan, terdapat beberapa penelitian yang menjelaskan bahwa tomat memiliki kandungan betakaroten yang memiliki sifat antioksidan serta dapat menangkal munculnya tumor pada kanker prostat. Tomat memiliki warna yang merah sehingga menunjukkan bahwa buah yang satu ini memiliki kandungan likopen. Zat ini pun memiliki manfaat sebagai zat untuk menangkal kanker secara efektif.

2. Mengontrol tekanan darah

Untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, maak kita perlu memperhatikan seberapa besar kandungan natrium yang kita konsumsi. Apabila ingin mengurangi tekanan darah, maka kita perlu mengurangi asupan natrium serta mempertahankan asupan tersebut agar tekanan darah kita masih berada dalam kadar yang normal. Akan tetapi, di sisi lain, asupan kalium yang meningkat juga diperlukan dikarenakan adanya efek pelebaran di bagian arteri. Pada sebuah studi, dijelaskan bahwa ketika kandungan kalium tinggi dan natrium rendah, maka risiko kematian dapat diturunkan sebanyak 20 persen.

3. Mempertahankan kesehatan jantung

Tomat memiliki kandungan vitamin C, kolin, serat, serta kalium. Keempat komponen ini berperan penting sehingga kesehatan jantung tetap dapat terjaga. Melalui peningkatan asupan kalium serta penurunan asupan natrium, serta adanya perbaikan dalam hal pola makan, maka secara tidak langsung kita sudah berperan aktif untuk menekan risiko penyakit kardiovaskular. Apalagi, tomat juga mengandung folat  yang akan berperan untuk membuat homocysteine menjadi seimbang. Sementara itu, asam amino yang terdapat pada pemecahan protein akan membantu kita untuk mengurangi risiko terkena penyakit stroke dan jantung.

4. Mengontrol gula darah

Sebuah studi membuktikan bahwa seseorang yang menderita diabetes tipe satu dan menjalankan diet tinggi serat akan menurunkan kadar glukosa dalam darahnya. Untuk menjalankan trik ini, kita dapat mengonsumsi tomat. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa untuk mengontrol kadar gula dalam darah, maka diperlukan sekitar 25 gram serat untuk wanita serta 38 gram serat untuk pria setiap harinya.

Nah, itulah 4 manfaat tomat untuk kesehatan yang perlu kita ketahui. Konsumsi tomat secara teratur terbukti efektif untuk mengurangi risiko masalah kesehatan. Dan untuk mendapatkan tomat dengan kualitas terbaik, kita hanya perlu langkah mudah dengan berbelanja di TaniHub, sebuah platform penyedia sayur dan buah online terbaik.

Related posts