Biasakan Jalan Cepat, Ini Dia Manfaat Luar Biasa yang akan Dirasakan!

  • Whatsapp
Jalan Cepat

Jalan cepat bisa diartikan sebagai salah satu kegiatan yang memungkinkan seseorang berjalan dengan tempo lebih cepat. Meskipun begitu, aktivitas ini berbeda dengan olahraga lari. Dengan rutin melakukan jalan dengan tempo lebih cepat ini, rupanya bisa memberikan dampak yang baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan lemak jahat yang ada di dalam tubuh bisa berkurang. Itulah mengapa, setidaknya kita dianjurkan untuk melakukan aktivitas ini setidaknya 30 menit per harinya.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa aktivitas jalan dengan lebih cepat bisa membawa dampak baik bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh dengan melakukan aktivitas tersebut?

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama yang bisa dirasakan ketika Anda rutin jalan cepat adalah kondisi jantung yang lebih sehat. Detak jantung pun cenderung jadi lebih stabil. Tak hanya itu, aktivitas ini bisa membantu pengontrolan bahkan menstabilkan tekanan darah yang tinggi. Risiko tingginya kadar kolesterol pun bisa lebih ditekan sehingga jumlahnya berkurang. Ketika hal tersebut mampu dikontrol dengan baik, maka peluang seseorang terkenan penyakit jantung atau bahkan stroke jadi lebih kecil.

Memperbaiki Suasana Hati

Mood swing atau perubahan mood dan suasana hati kerapkali menjadi masalah yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Apalagi ketika suasana hati yang dirasakan mampu memberikan dampak negatif bagi tubuh dan menganggu aktivitas Anda di setiap harinya. Beberapa suasana hati yang seringkali dikeluhkan seperti rasa marah dan kesal, sedih, kecewa dan perasaan negatif lainnya.

Rupanya, ada manfaat lain yang ditawarkan oleh aktivitas jalan cepat jika dilakukan secara rutin. Di mana hal tersebut berkenaan dengan masalah suasana hati. Ketika Anda berjalan lebih cepat, menikmati nuansa alam dan sekitar, bisa jadi media rileksasi yang ampuh. Rasa cemas dan gelisah yang berlebihan pun bisa dihilangkan. Bahkan setelah melakukan aktivitasnya, kualitas tidur pun jadi lebih bagus dan mudah untuk tidur nyenyak.

Meminimalisir Risiko Demensia

Demensia adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan fungsi otak. Kebanyakan penderitanya merupakan orang-orang dengan usia lanjut. Meskipun pada beberapa faktor, penyakit ini pun bisa menyerang orang-orang dengan usia produktif. Biasanya, penyakit ini maupun penyakit lain yang berhubungan dengan fungsi otak, bisa disebabkan karena ketidaklancaran aliran darah ke otak.

Hal tersebut tentu dipengaruhi karena adanya kerusakan pembuluh darah dan hal lainnya. Dengan melakukan jalan cepat atau pun biasa, ternyata bisa membantu mengurangi risiko terkena demensia dan masalah lain yang berhubungan dengan pembuluh darah. Kinerja dan fungsi otak pun tentunya bisa jadi lebih bagus dan kuat.

Mengontrol Diabetes

Salah satu penyakit yang juga banyak diderita masyarakat adalah diabetes. Umumnya penyakit ini lebih sering menyerang pada orang-orang dengan riwayat turunan penyakit diabetes, hingga faktor berat badan yang terlalu besar atau obesitas. Dengan rutin melakukan jalan cepat atau santai minimal 20-30 menit per harinya bisa menurunkan risiko seseorang terkena diabetes meskipun di keluarganya sudah terdapat riwayat penyakit tersebut.

Bahkan jika aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, bisa membantu Anda dalam mendapatkan berat badan yang lebih ideal. Kadar gula darah di dalam tubuh pun bisa berkurang. Termasuk lemak jahat yang sedikit demi sedikit terbakar sehingga risiko obesitas dan diabetes bisa ditekan.

Selain beberapa manfaat tersebut, jalan cepat pun bisa mengurangi risiko adanya pertumbuhan sel abnormal seperti kanker, atau mencegah osteoporosis dini. Anda juga bisa mendapatkan informasi manfaat aktivitas ini dengan mengunjungi aplikasi Halodoc. Bahkan, banyak juga informasi lain mengenai dunia kesehatan dan dapatkan layanan konsultasi gratis bersama dokter ahli dengan cepat, mudah dan praktis.

Related posts