Alat-alat Olahraga Sederhana untuk Olahraga di Rumah

  • Whatsapp
Alat-alat Olahraga Sederhana untuk Olahraga di Rumah

Dalam pandemi COVID-19 ini, kita harus meminimalisir aktivitas kita di luar rumah, untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Tetapi hal itu sangat sulit dilakukan, apabila kita terbiasa berolahraga, dan khususnya berolahraga di GYM dan pusat kebugaran lainnya. Rasanya sehari tanpa berolahraga, tubuh akan terasa sangat lemas.

Sebenarnya olahraga tidak perlu ribet. kita bisa mulai olahraga di rumah, misalnya dengan sit up yang hanya bermodal niat atau yoga yang hanya bermodalkan matras foam. Dilansir dari laman SELF, Trainer Bianca Vesco menjelaskan bahwa dirinya banyak melatih klien di apartemennya menggunakan peralatan yang ada di sana, dan latihan itu cukup bagi para kliennya. “Banyak dari klienku yang tidak punya akses ke gym sehingga memilih berlatih di apartemennya sendiri dan hal itu tak masalah,” kata Vesco. Para kliennya banyak melakukan bodyweight training serta latihan dengan alat-alat kecil. Vesco mengatakan dirinya juga memiliki apartemen kecil namun bisa menyulapnya menjadi tempat latihan sederhana. [1]

Untuk memvariasikan regime olahraga kita, tidak ada salahnya juga untuk sedikit berinvestasi dengan beberapa alat olahraga sederhana dan tidak buang tempat di rumah.

Alat-alat Olahraga Sederhana

Sejumlah alat ini adalah investasi yang baik untuk mulai olahraga di rumah. Selain kegunaannya yang banyak, alat-alat ini bentuknya juga ringkas, mudah disimpan, dan bahkan bisa dibawa kemana pun.

  • Resistance band

Resistance band adalah seutas tali karet elastis yang digunakan untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Tingkat elastisitas resistance band bermacam-macam, mulai dari rendah ke tinggi. Semakin tinggi elastisitasnya, semakin sulit tali tersebut dibentangkan sehingga otot kita harus bekerja ekstra untuk melawannya. Bentuknya pun macam-macam. Ada yang benar-benar seperti seutas tali karet, ada yang memiliki pegangan di kedua ujungnya, ada pula yang berbentuk lingkaran.Ada banyak cara menggunakan resistance band. Yang paling umum adalah dengan menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan. Bisa juga dengan menginjak salah satu ujung untuk kemudian menarik ujung lainnya ke atas setinggi mungkin. Latihan squat rutin kita juga bisa dimodifikasi dengan bantuan si karet elastis ini. Cobalah lakukan 8-25 pengulangan (repetisi) untuk 2 sampai 3 set per latihan.

  • Tali Skipping

Lompat tali alias skipping adalah cara olahraga di rumah yang murah meriah untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, sekaligus melatih kekuatan otot kaki. Skipping juga baik sebagai alternatif kardio untuk membakar lemak jika kita tidak suka berlari. Pada awalnya lakukanlah lompatan secara terus-menerus selama 30 detik, atau setara dengan 50 kali lompatan. Ulangi untuk tiga sampai empat set, istirahatlah selama 30 sampai 90 detik di sela-sela set. Secara bertahap. tingkatkan durasi lompat tali kita menjadi 60 detik menjadi 90 detik. Lakukan lompat tali tiga sampai empat kali dalam seminggu secara tidak berurutan. Misalnya hari ini kita lompat tali, tapi besoknya tidak.[2]

  • Foam Roller

Foam roller adalah alat olahraga berupa gulungan busa empuk. Alat ini bisa digunakan untuk membantu dalam meringankan otot yang tegang dan nyeri, atau mengalami peradangan. Foam roller dapat menjadi alat olahraga yang efektif untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan sesudahnya. Kedua tahap ini penting untuk mencegah terjadinya cedera. kita juga bisa menggunakan foam roller sebagai alat bantu olahraga selama yoga atau melakukan gerakan lain guna menjaga keseimbangan tubuh. Misalnya, push up.

  • Dumbell

Dumbell atau barbel adalah alat olahraga yang berguna untuk latihan kekuatan. Bobot dumbbell bervariasi, ada yang sangat ringan (1 kilogram) sampai yang berat (10 kilogram). kita bisa berlatih mengangkat dumbbell secara rutin untuk membentuk otot lengan dan bahu. Jika kita ingin meningkatkan intensitas olahraga, kita bisa mencoba melakukan gerakan sit up, bench press, dan squat sambil memegang dumbbell.

  • Kettlebell

Alat olahraga lain yang bisa kita sediakan di rumah adalah kettlebell. Alat olahraga ini berbentuk bola beban yang memiliki pegangan di bagian atasnya. Sama seperti barbel, kettlebell tersedia dalam bermacam-macam bobot. kita bisa menggunakannya dengan cara mengayunkan atau mengangkatnya seperti latihan angkat beban.Memanfaatkan kettlebell sebagai alat olahraga dapat membakar sekitar 20 kalori per menit. Jumlah ini setara dengan berlari selama enam menit. [3]

  • Matras Olahraga atau Matras Yoga

Jika kita memilih yoga sebagai olahraga yang ingin dilakukan secara rutin, maka wajib untuk memiliki matras yoga. Matras yoga berfungsi sebagai alas untuk menjaga pijakan selama melakukan gerakan-gerakan yoga dan melindungi tubuh dari benturan jika kita jatuh tergelincir. Olahraga yoga menjadi lebih nyaman untuk dilakukan. Perlu diketahui, matras yoga bukan cuma bisa digunakan saat olahraga yoga saja. Matras yoga dapat mencegah kita tergelincir di lantai, sehingga memudahkan kita saat melakukan push-up dan plank. Jadi, kita bisa menggunakan benda ini untuk melakukan sit up, push up, plank, dan lainnya. [4]

Untuk memilih alat olahraga yang cocok, kita perlu mengetahui kondisi dan kemampuan fisik kita terlebih dahulu. Ketika pertama kali menggunakan alat olahraga, kita juga bisa meminta bantuan pada pelatih profesional agar cara pemakaiannya tepat. Dengan ini, kita pun terhindar dari cedera saat berolahraga. Ingat pula bahwa jika kita sudah merasa lelah, jangan paksa tubuh untuk terus berolahraga. Luangkan waktu untuk beristirahat yang cukup agar kesehatan kita tidak terganggu. Serta jangan lupakan untuk meminum air putih yang mengandung banyak mineral, karena mineral yang terkandung di dalam air mineral, sangat membantu kita untuk menjaga kebugaran dan kesehatan kita, serta menghindari kita dari dampak dehidrasi.

Dalam pemilihan air mineral, kita harus selektif, mulai dari sumber mata air, kehigienisan, serta kandungan mineral itu sendiri. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, selalu konsumsi air mineral yang baik untuk menjaga cairan tubuh tetap tersedia. Juga pastikan mengonsumsi air yang baik dan bermanfaat bagi tubuh agar kegiatan olahraga semakin maksimal dengan nutrisi yang tersedia. Pastikan kita terhidrasi dengan air minum berkualitas.

AQUA hadir dengan menghadirkan berbagai macam manfaat dari mata air pegunungan terpilih. Sumber air pegunungan AQUA terlindungi dengan menerapkan 9 kriteria, 5 tahapan seleksi dan 1 tahun penelitian oleh para ahli.

Air mineral AQUA juga mengandung berbagai macam mineral terbaik bagi tubuh, seperti Kalsium, Magnesium, Kalium, Zinc, Silica, dan lain sebagainya yang baik untuk tulang dan gigi. [5]

  1. https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/07/050500720/7-alat-olahraga-wajib-untuk-gym-sederhana-di-rumah?page=all
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/alat-olahraga-di-rumah/#gref
  3. https://www.sehatq.com/artikel/jenis-alat-olahraga-yang-bisa-anda-pakai-di-rumah
  4. https://www.halodoc.com/artikel/6-alat-olahraga-untuk-latihan-di-rumah
  5. https://www.sehataqua.co.id/8-gerakan-olahraga-sederhana-yang-bisa-dilakukan-di-rumah/

Related posts