Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Mobile Marketing

Kekuatan dari mobile marketplace sungguh tidak dapat diragukan lagi, dengan estimasi terkini yang menyebutkan jumlah user yang mengakses internet dari smartphone atau tablet mereka adalah sebanyak 70%. Angka tersebut bisa diprediksikan akan meningkat hingga 90% pada 2016, seiring dengan penggunaan mobile di seluruh dunia terus bertumbuh.

Dampak dari revolusi mobile pada desain adalah multifold—menginspirasi mereka yang bekerja dengan membuat iklan mobile, penawaran dan kampanye, untuk berpikir dan mendesain dengan cara baru untuk menjangkau pelanggan potensial. Berikut ini kita akan melihat beberapa poin fundamental tentang mobile marketing (marketplace), dan melihat bagaimana mereka berdampak pada desain.

Perhatikan Masalah Ukuran (Layar)
Mendesain website dan web ads untuk pengguna laptop memberikan cukup ruang dan template standar untuk kebutuhan desain. Bukan pekerjan yang sulit untuk membuat banner, sidebar, ads, forms, dan Flash untuk dunia 1024 pixel-width. Tapi menggapai pelanggan yang ada dalam dunia layar-kecil smartphone, telah menjadi tantangan tersendiri bagi desainer.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan dari besar ke kecil pada setiap basis project (atau per-kampanye), tanpa perlu mengatakan biaya yang cukup besar, waktu pengerjaan lebih lama dan intensif untuk pekerjanya. Masuk ke aplikasi—desainer harus membuat mobile environmentnya. Terlebih, masih ada masalah adaptasi ketika berusaha untuk mencapai full spectrum dari pelanggan (laptop, tablet, dan smartphone).

Desain responsif telah menjawab tantangan itu dengan layout dan konten yang “tahu” bagaimana user melihatnya dan menyesuaikan dengan alur teksny, kualitas gambar dan tampilan keseluruhan. Dengan desain yang responsif, tidak akan lagi terjadi re-wraps, teks yang hilang dan jump-pages. Yang paling menarik bagi pebisnis, adanya desain responsif membuktikan bahwa harganya lebih terjangkau daripada desain aplikasi atau menyesuaikan dari layar besar ke layar kecil.

Keep It Simple
Pada saat ini, lebih mudah untuk menggiring pengguna mobile ke situs kita. Namun, kita hanya memiliki waktu yang sangat singkat (sekitar 2 sampai 7 detik) untuk membuat pengguna potensial tertarik dan membuat konversi. Dari perskeptif desain, untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan membuat pesan yang disampaikan tetap simpel to the point.

Jika pengguna harus mencari-cari kata kunci informasi yang ia inginkan, lebih besar kemungkinannya bagi pengguna untuk menutup situs kita dan mencari ke situs yang lain. Logo yang tegas dan mudah dikenali, pesan penawaran yang jelas, dan action button yang ramah pengguna adalah kuncinya. Jika penawaran tersebut terbatas, pastikan pengguna dapat melihat dan memahaminya dengan jelas.

Aksi Yang Dibutuhkan
Merespon iklan mobile atau campaign haruslah dibuat semudah mungkin, dan beberapa hal ini harus diperhatikan untuk menjamin user experience pengguna yang mengalir. Call to action yang jelas adalah esensial. Pastikan pengguna mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan transaksi.

Jika mereka harus berhubungan dengan bagian penjualan, pastikan tombol call mudah ditemukan. Jika ada kupon yang dapat di-download, pastikan jelas. Hindari desain yang memaksa pengguna men-scroll halaman untuk menemukan apa yang mereka inginkan. Hindari form yang panjang dan kompleks yang mengharuskan pengguna untuk mengisi banyak sekali informasi. Terakhir, periksa fungsi dari setiap fitur yang membutuhkan masukan dari pengguna untuk menghindari glitch atau error yang menyebabkan pengguna membatalkan transaksi.

Optimasi dan Analisis
Manajer mobile marketing tentu ingin mengetahui hal-hal apa yang bekerja dan yang tidak. Sekarang terdapat banyak tools analytic yang dapat digunakan untuk mengukur apakah campaign yang dilakukan efektif atau tidak dan menentukan secara spesifik platform mana yang mendatangkan konversi terbanyak. Sehingga desain haruslah fleksibel.

Apakah landing page butuh dikuatkan? Apakah waktu loading pada website masih dapat dipercepat? Apakah navigasi pada situs mudah dimengerti dan mengalir mengarahkan pengguna dengan tepat? Isu-isu tersebut sangat berpengaruh pada tingkat konversi campaign mobilemu. Bersiaplah untuk mengubah desain mengikuti rangkaian campaign yang dilakukan untuk meningkatkan page visit dan tingkat konversinya. Semakin baik hubungan antara kamu dengan manajer mobile marketing, akan semakin sukses pula mobile campaign yang dilakukan.

Semoga, dengan memahami poin-poin di atas, kamu akan bisa memenuhi kebutuhan untuk desain mobile marketing saat ini dengan percaya diri. Have a good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *