3 Tips Efektif Dalam Proses Email Marketing

Email marketing adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menjangkau pelanggan potensial serta mendorong penjualan dari bisnis Anda. Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan proses email marketing. Melalui artikel berikut ini, kami mencoba berbagi kepada Anda mengenai tiga tips efektif dalam proses email marketing.

SEGMENTASI
Jika Anda sudah memiliki daftar panjang dari orang-orang yang mendapatkan email yang sama persis, berarti sudah saatnya untuk Anda berhenti dan berpikir. Karena kemungkinannya adalah, orang-orang tidak akan tertarik pada semua hal yang sama. Perusahaan-perusahaan besar jarang mengirim suatu email massal ke seluruh database mereka.

Sebaliknya, mereka melakukan segmentasi dari daftar yang mereka miliki dan membuat beberapa versi yang lebih menarik untuk demografi tertentu. Cobalah melihat apakah ada cara untuk mem-breakdown lagi daftar yang Anda miliki dan menyesuaikan pesan sesuai dengan segmentasi yang ada. Cara ini membuat proses email marketing tidak hanya menjadi spam bagi orang-orang yang akan menerimanya.

WAKTU ADALAH KUNCI
Anda tentu tidak ingin mengirimi email kepada orang-orang secara terus-menerus. Beri waktu mereka untuk ‘beristirahat’ dengan cara jangan pernah mengirimkan lebih dari satu email per hari, cukup satu kali dalam seminggu. Di sisi lain, Anda tentu juga ingin tetap selalu keep in touch dengan pelanggan setiap waktunya.

Dalam mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan sebuah pengujian pengiriman email ini kepada teman-teman Anda dengan hari yang berbeda dalam seminggu.  Setiap orang tentu akan memiliki respon yang berbeda untuk proses ini. Beberapa orang mungkin menyukai sebuah email yang masuk pada akhir pekan sementara yang lainnya lebih menyukai email yang masuk pada tengah pekan. Hasilnya, Anda bisa memperoleh kapan timing yang tepat dalam melakukan proses email marketing.

LAKUKAN PERSONALISASI
Saat ini sudah begitu banyak sistem email marketing yang menawarkan opsi untuk mempersonalisasi email. Jadi, Anda harus menggunakannya sebaik mungkin. Paling tidak Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menyortir setiap penerima dengan nama mereka.

Pada salam pembuka email yang akan mereka terima selalu dimulai dengan menyapa nama penerima, bukan hanya sekedar salam sapaan yang bersifat generik sehingga para penerima pun juga akan merasa lebih dekat dengan Anda.

Dengan pemanfaatan email marketing yang baik, tentu saja akan mendatangkan banyak sekali manfaat. Orang-orang akan tertarik dengan bisnis Anda tanpa harus merasa terganggu. Hal ini akan mendatangkan pelanggan potensial dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis yang Anda jalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *