10 Rahasia Agar Viral di Social Media

Fokus dengan konten yang update dan berhubungan.

Menurut sebuah studi, hampir 70 persen orang Amerika itu menggunakan setidaknya satu media sosial untuk emngupdate kehidupan sosialnya. Dan, lebih dari 2,5 milyar orang berada di jaringan sosial di seluruh dunia. Maka hal yang perlu kita lakukan saat ini adalah menjadi media sosial itu. Apalagi bila kamu sebagai pengusaha.

Viral marketing adalah salah satu cara ampuh agar bisnis kamu bisa berkembang pesat. Menciptakan kampanye pemasaran viral adalah cara yang bagus untuk melakukan produk branding menggunakan kekuatan media sosial.

1. Menguasai Target Audiens
Untuk menciptakan konten viral, kamu harus memahami target audiens mu. Konten viral bakal efektif dibagikan kepada mereka yang memiliki semangat untuk berbagi konten kembali. Kamu harus memilih orang yang tepat untuk menyebarkannya kembali, yang mencakup informasi demografis dan psychographic, serta informasi yang berhubungan dengan media sosial, perilaku dan konten preferensi.

2. Pilih Media Sosial Yang Tepat
Setiap media sosial memiliki platform yang berbeda. Instagram, Twitter, LinkedIn, dan Facebook sangat cocok digunakan untuk memulai kampanye viral. Meski begitu, kamu harus menentukan kontenmu terlebih dahulu, karena setiap platform memiliki tipe yang berbeda.

3. Bikin Konten Yang Memiliki Keterlibatan Tinggi
Social media menggunakan algoritma di mana peringkat konten didasarkan pada kemungkinan pengguna bakal terlibat. Jadi kamu harus menggunakan konten yang benar-benar menarik agar dapat menciptakan keterlibatan yang dapat diperkuat kepada pengguna lain.

4. Waktu Konten Untuk Jangkauan Maksimal
Seperti disebutkan di atas, platform media sosial menggunakan algoritma peringkat konten berdasarkan kemungkinan keterlibatan pengguna. Ketepatan waktu memainkan peran kunci dalam persamaan itu juga, yang berarti bahwa melepaskan konten pada waktu yang tepat dapat berdampak positif kinerja.

5. Meningkatkan Visibility Dengan Iklan
Kalau kamu berbisnis secara personal bakal sulit untuk menciptakan konten viral. Dengan berinvestasi melalui iklan berbayar pada jejaring sosial maka hal tersebut dapat meningkatkan visibility kampanye. Pertimbangkanlah membuat iklan yang ditargetkan ke grup pengguna yang memiliki pengaruh. Jika pengguna ini kembali berbagi iklan, iklan akan disiarkan ke khalayak yang lebih luas dengan cara yang efisien dan efektif.

6. Kerjasama Dengan Media Sosial Influencer
Hampir 95 persen marketing percaya bahwa mempekerjakan media sosial influencer adalah statregi yang efektif. Pengaruh media sosial memiliki kemampuan untuk menyediakan merek dengan meningkatkan jangkauan, dan dapat menambah amunisi ke kampanye pemasaran viral.

7. Mengukur Kinerja Untuk Membuat Kampanye Lebih Baik di Masa Depan
Digital marketer saat ini harus menggunakan perangkat analisis media sosial untuk mengukur kinerja. Jika kamu perlu membuat penyesuaian atau mengubah rencana, metrik dapat membantu dalam perubahan strategi.

8. Mendorong Target Audience Untuk Mengambil Tindakan
Jangan sampai keterlibatan media sosial terbuang percuma. Social media seperti Facebook tidak hanya tumbuh dengan menciptakan kesadaran merek melalui media sosial, mereka mendorong anggota audiens target untuk mengambil tindakan tertentu. Dalam kebanyakan kasus, mendorong target audiens untuk mendaftar gratis atau untuk melakukan pembelian diskon adalah cara yang efektif untuk menggunakan kekuatan pemasaran viral pertumbuhan pelanggan.

9. Generate Perhatian Media
Jika kampanye viral marketing sudah berjalan, kamu harus berusaha untuk memperkuat pesan dari bisnismu melalui berbagai media. Cara yang bagus untuk membuktikannya adalah dengan menunjukkan ke berbagai media bahwa ribuan atau jutaan orang telah merespon positif terhadap kampanye merekmu.

10. Sebarkan Konten Asli
Konten asli mungkin akan mendapatkan keterlibatan daripada konten yang mengingatkan kita pada kampanye dari perusahaan lain. Konten yang merupakan turunan dari kampanye sebelumnya akan diabaikan, dan bahkan mungkin menerima perhatian negatif pers.

 

KESIMPULAN
Menciptakan kampanye viral marketing yang produktif lebih menantang. Sangat penting untuk membuat konten yang berbicara kepada target audiens dalam cara yang unik. Marketer harus menggunakan media sosial platform analisis untuk mengukur kinerja, dan harus fokus pada membuat konten yang tepat waktu dan yang menghasilkan keterkaitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *